KISI-KISI SOAL ULANGAN HARIAN 1
SEKOLAH : SMA INSAN CENDEKIA AL MUSLIM BEKASI
KELAS / SEMESTER : X / I
MATA PELAJARAN : EKONOMI
JUMLAH SOAL / ALOKASI WAKTU : 40 butir : 35 PG dan 5 Essay / 2 JP
NO | KOMPETENSI DASAR / INDIKATOR | MATERI | INDIKATOR SOAL | BENTUK TES | KUALIFIKASI | NO. SOAL |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
1. | 1.1. Mengidentifikasi kebutuhan manusia
- Mendefinisikan pengertian kebutuhan manusia
- Mengidentifikasikan jenis-jenis kebutuhan manusia
- Mengidentifikasikan faktor- faktor yang mempengaruhi kebutuhan
- Menyebutkan beberapa kebutuhan manusia |
- Pengertian kebutuhan manusia
- Jenis-jenis kebutuhan manusia
- Faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan
- Kebutuhan |
dan hubungannya dengan kemakmuran
|
PG PG PG
PG PG PG PG PG PG PG PG PG
PG PG PG
PG PG
PG7 PG7 PG7 |
C2 C2 C2
C1 C1 C1 C2 C2 C2 C2 C2 C2
C2 C2 C2
C4 C3
C3 C3 C3
|
1 Model A 1 Model B 1 Model C
2 Model A 2 Model B 2 Model C 3 Model A 3 Model B 3 Model C 4 Model A 4 Model B 4 Model C
5 Model A 5 Model B 5 Model C
6 7
8 8 8 |
1.2. | 1.2. Mendeskripsikan berbagai
langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
- kelangkaan
- yang melanda Indonesia
- terjadinya kelangkaan di Indonesia - mengatasi kelangkaan . |
- Pengertian kelangkaan
- Jenis kelangkaan
- Penyebab terjadinya kelang- kaan di Indonesia - Langkah-langkah mengatasi kelang- kaan |
- Siswa menganalisis hubungan kebutuhan dengan kelangkaan
- Siswa menentukan contoh barang langka - Siswa menentukan contoh barang bebas
- Siswa menentukan penyebab terjadinya kelangkaan di Indonesia
- Siswa menentukan langkah-langkah mengatasi kelangkaan - Siswa menentukan langkah-langkah mengatasi kelangkaan |
PG8 PG9 Essay
PG PG
PG PG
Essay
PG
PG PG |
C4 C3 C4
C3 C3
C4 C4
C4
C3
C3 C3 |
9 10 1
11 12
13 14
2
15
16 17 |
1.3 Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi
- Mendeskripsikan masalah pokok ekonomi tentang apa, bagaimana, dan untuk siapa barang diproduksi |
- masalah pokok ekonomi |
- Siswa menganalisis cara mengatasi permasalahan ekonomi - Siswa menentukan masalah dasar ekonomi |
PG PG
Essay
PG |
C4 C3
C4
C4 |
18 19
3
20 | |
kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain
|
- Pengertian biaya peluang
- Pengertian biaya sehari- hari
|
- Siswa menentukan pengertian biaya peluang - Siswa menentukan faktor yang menimbulkan biaya peluang - Siswa membedakan pengertian biaya sehari-hari dengan biaya peluang
|
PG PG
PG PG |
C4 C4
C4 C3 |
21 22
23 24 | |
|
- Ciri-ciri, kebaikan, dan keburukan sistem ekonomi pasar
- Ciri-ciri, kebaikan, dan keburukan sistem ekonomi komando
- Ciri-ciri, kebaikan, dan keburukan sistem ekonomi campuran. |
- Siswa menentukan ciri-ciri sistem ekonomi tradisional
- Siswa menentukan kebaikan sistem ekonomi tradisional - Siswa membedakan keburukan sistem ekonomi pasar dan terpusatl - Siswa menbedakan ciri-ciri sistem ekonomi pasar dan terpusat - Siswa menentukan sistem ekonomi pasar - Siswa menjelaskan keburukan sistem ekonomi pasar - Siswa menentukan kebaikan sistem ekonomi terpusat - SIswa membedakan kelemahan sistem ekonomi pasar dan terpusat - Siswa menentukan ciri-ciri sistem ekonomi komando - Siswa menentukan ciri-ciri sistem ekonomi campuran. |
PG PG
Essay
PG
PG PG PG Essay
PG
PG
PG
PG PG |
C4 C3
C4
C4
C4 C4 C4 C4
C4
C4
C3
C4 C4 |
25 26
3
27
28 29 30 4
31
32
33
34 35 |
Bekasi, Juni 2008
Kepala SMA al muslim, Guru Bidang Studi,
Najemudin, S.Si. Siti Mugi Rahayu, S.Pd.
KISI-KISI SOAL ULANGAN HARIAN 2
SEKOLAH : SMA INSAN CENDEKIA AL MUSLIM BEKASI
KELAS / SEMESTER : X / I
MATA PELAJARAN : EKONOMI
JUMLAH SOAL / ALOKASI WAKTU :
NO | KOMPETENSI DASAR / INDIKATOR | MATERI | INDIKATOR SOAL | BENTUK TES | KUALIFIKASI | NO. SOAL |
|
|
- Siswa menentukan para pelaku ekonomi
- Siswa menentukan pengertian konsumsi - Siswa menentukan pengertian produksi
- Siswa menentukan Hukum Gossen I - Siswa menentukan Hukum Gossen II - Siswa disajikan data tabel The Law Of Diminishing Return, kemudian siswa menentukan pengertian The Law of Diminishing Return. |
PG
PG |
C2 C2 C1 |
1 2 2 | |
-
-
- |
- Interaksi antarpelaku ekonomi dalam model kegiatan ekonomi sederhana (dua sektor) - Interaksi antarpelaku ekonomi dalam model dengan campur tangan pemerintah (tiga sektor) - Interaksi antarpelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi pada kegiatan ekonomi terbuka (empat sektor) |
- Siswa menentukan interaksi antarpelaku ekonomi dalam model kegiatan ekonomi sederhana (dua sektor)
- Siswa menentukan interaksi antarpelaku ekonomi dalam model kegiatan ekonomi sederhana (tiga sektor)
- Siswa menentukan interaksi antarpelaku ekonomi dalam model kegiatan ekonomi sederhana (empat sektor) | ||||
- Mendeskripsikan peranan rumah tangga konsumsi - Mendeskripsikan peranan rumah tangga produksi - Mendeskripsikan peranan rumah tangga pemerintah - Mendeskripsikan peranan rumah tangga masyarakat luar negeri |
- Peranan rumah tangga konsumsi - Peranan rumah tangga produksi - Peranan rumah tangga pemerintah - Peranan rumah tangga masyarakat luar negeri |
- Siswa menentukan peranan rumah tangga konsumsi - Siswa menentukan peranan rumah tangga produksi - Siswa menentukan peranan rumah tangga pemerintah - Siswa menentukan peranan rumah tangga masyarakat luar negeri.
|
PG | |||
3.1. Mengidentifikasi faktor- faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran
|
- kurva permintaan - kurva penawaran
|
- Siswa menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran.
- Siswa membuat kurva permintaan
- Siswa membaca kurva permintaan - Siswa membuat gambar kurva penawaran
- Siswa menentukan harga dasar dan harga eceran tertinggi. | ||||
KISI – KISI ULANGAN HARIAN 3
KELAS X SMA INSAN CENDEKIA AL MUSLIM
NO | KOMPETENSI DASAR / INDIKATOR | MATERI | INDIKATOR SOAL | BENTUK TES | KUALIFIKASI | NO. SOAL |
|
- fungsi permintaan dan menggambar kurvanya
|
- Siswa menentukan hukum permintaan
- Siswa menentukan pengertian hukum penawaran
- Siswa menentukan fungsi permintaan
- Disajikan kurva, siswa menentukan jumlah permintaan
- Siswa menentukan fungsi penawaran - Siswa menggambar kurva dari fungsi penawaran |
PG
PG PG PG PG |
C2
C6 C5 C5 C5 |
1
2 3 4 5 | |
|
- Pengertian keseimbangan pasar - kurva keseimbangan
|
- Siswa menentukan pengertian keseimbangan pasar
- Siswa menentukan titik keseimbangan - Disajikan data, siswa membedakan grafik keseimbangan
- Siswa menentukan pengertian elastisitas permintaan - Siswa menentukan pengertian elastisitas penawaran - SIswa membedakan jenis elastisitas - Siswa membedakan elastisitas permintaan dan penawaran - Siswa menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi elastisitas permintaan - Siswa menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi elastisitas penawaran
- Siswa menentukan macam-macam kurva elastisitas permintaan - Siswa menentukan macam-macam kurva elastisitas penawaran
- Menghitung koefisien elastisitas penawaran
|
PG PG
PG
PG
PG PG
PG PG
|
C4 C5
C4
C4
C5 C5
C5 C5 |
6 7
8
9
10 11
12 13 | |
KISI – KISI ULANGAN HARIAN 4
KELAS X SMA INSAN CENDEKIA AL MUSLIM
NO | KOMPETENSI DASAR / INDIKATOR | MATERI | INDIKATOR SOAL | BENTUK TES | KUALIFIKASI | NO. SOAL |
bentuk pasar barang
- Mendeskripsikan pengertian pasar barang - Menyebutkan bentuk-bentuk pasar barang - Menjelaskan pengertian tentang pasar persaingan sempurna
|
- Pengertian pasar barang - Bentuk-bentuk pasar barang - Pengertian tentang pasar persaingan sempurna - ciri-ciri pasar persaingan sempurna
- Kebaikan pasar persaingan sempurna - Keburukan pasar persaingan sempurna - Pengertian tentang pasar monopoli
- Pengertian tentang pasar oligopoly
- Ciri-ciri pasar barang monopolistic - Kebaikan pasar barang monopolistic - Keburukan pasar barang monopolistic |
|
PG PG
PG
PG PG PG |
C2 C3
C4
C3 C4 C3 |
1 2
3
4 5 6
| |
3.5. Mendeskripsikan pasar input
- Menjelaskan pengertian pasar input / pasar faktor produksi
- Menjelaskan pentingnya analisis pasar faktor produksi |
- Pengertian pasar input / pasar faktor produksi - Analisis pasar faktor produksi |
KISI-KISI ULANGAN AKHIR SEMESTER GANJIL
KELAS X SMA INSAN CENDIKIA AL MUSLIM
TP 2008 – 2009
NO | KOMPETENSI DASAR / INDIKATOR | MATERI | INDIKATOR SOAL | BENTUK TES | KUALIFIKASI | NO. SOAL |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
1.1 | 1.1. Mengidentifikasi kebutuhan manusia
- Mendefinisikan pengertian kebutuhan manusia
- Mengidentifikasikan jenis-jenis kebutuhan manusia
- Mengidentifikasikan faktor- faktor yang mempengaruhi kebutuhan
- Menyebutkan beberapa kebutuhan manusia |
- Pengertian kebutuhan manusia
- Jenis-jenis kebutuhan manusia
- Faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan
- Kebutuhan |
-Siswa menentukan perbedaan dari pengertian nilai tukar dan nilai pakai
|
PG PG
PG |
C3 C3
C2 |
1 2
3 |
1.2. | 1.2. Mendeskripsikan berbagai
langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas - kelangkaan
- yang melanda Indonesia
- terjadinya kelangkaan di Indonesia - mengatasi kelangkaan . |
- Pengertian kelangkaan
- Jenis kelangkaan
- Penyebab terjadinya kelang- kaan di Indonesia - Langkah-langkah mengatasi kelang- kaan |
- Siswa menentukan langkah-langkah mengatasi kelangkaan |
Essay |
C6 |
36
|
1.3 | 1.3 Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi
- Mendeskripsikan masalah pokok ekonomi tentang apa, bagaimana, dan untuk siapa barang diproduksi |
- masalah pokok ekonomi |
| |||
1.6 |
kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain
|
- Pengertian biaya peluang
- Pengertian biaya sehari- hari
|
| |||
1.7 |
|
- Ciri-ciri, kebaikan, dan keburukan sistem ekonomi pasar
- Ciri-ciri, kebaikan, dan keburukan sistem ekonomi komando
- Ciri-ciri, kebaikan, dan keburukan sistem ekonomi campuran. |
- Siswa menentukan kelebihan sistem ekonomi pasar
|
PG
PG
PG |
C3
C3
C4 |
4
5
6 |
2.4 |
|
|
- Siswa menentukan pengertian konsumsi - Siswa menentukan macam bidang usaha produsen - Siswa menentukan contoh kegiatan konsumsi
- Siswa menentukan contoh ekstensifikasi - Siswa menentukan Hukum Gossen I - Siswa disajikan data tabel The Law Of Diminishing Return, kemudian siswa menentukan pengertian The Law of Diminishing Return. |
PG PG
PG
PG PG PG |
C2 C3
C3
C3 C3 C5 |
7 8
9
10 11 12 |
2.5 |
-
-
- |
- Interaksi antarpelaku ekonomi dalam model kegiatan ekonomi sederhana (dua sektor) - Interaksi antarpelaku ekonomi dalam model dengan campur tangan pemerintah (tiga sektor) - Interaksi antarpelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi pada kegiatan ekonomi terbuka (empat sektor) |
- Siswa menentukan interaksi antarpelaku ekonomi dalam model kegiatan ekonomi sederhana (dua sektor)
|
PG
Essay
|
C3
C6 |
13
37 |
2.6 |
- Mendeskripsikan peranan rumah tangga konsumsi - Mendeskripsikan peranan rumah tangga produksi - Mendeskripsikan peranan rumah tangga pemerintah - Mendeskripsikan peranan rumah tangga masyarakat luar negeri |
- Peranan rumah tangga konsumsi - Peranan rumah tangga produksi - Peranan rumah tangga pemerintah - Peranan rumah tangga masyarakat luar negeri |
- Siswa menentukan peranan rumah tangga konsumsi - Siswa menentukan factor-faktor ekstern yang mempengaruhi RTK |
PG
PG |
C4
C4 |
14
15 |
3.1 | 3.1. Mengidentifikasi faktor- faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran
|
- kurva permintaan
- kurva penawaran
|
- Siswa menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran. |
Essay
PG PG
PG PG |
C4
C3 C3
C3 C5
|
38
16 17
18 19
|
3.5 |
|
- fungsi permintaan dan menggambar kurvanya
|
- Siswa menentukan pengertian hukum permintaan
- Siswa menentukan fungsi permintaan
|
PG
PG PG PG |
C2
C5 C5 C5 |
20
21 22 23 |
3.6 |
|
- Pengertian keseimbangan pasar - kurva keseimbangan
|
- Siswa menentukan pengertian keseimbangan pasar
- Siswa menentukan titik keseimbangan - Disajikan data, siswa membedakan grafik keseimbangan
- Siswa menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi elastisitas permintaan - Siswa menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi elastisitas penawaran
- Siswa menentukan macam-macam kurva elastisitas permintaan - Siswa menentukan macam-macam kurva elastisitas penawaran |
Essay
PG P
PG
PG PG |
C3
C4 C5
C4
C5 C5 C5 |
39
24 25
26
27 28 29 |
3.7 |
bentuk pasar barang
- Mendeskripsikan pengertian pasar barang - Menyebutkan bentuk-bentuk pasar barang - Menjelaskan pengertian tentang pasar persaingan sempurna
|
- Pengertian pasar barang - Bentuk-bentuk pasar barang - Pengertian tentang pasar persaingan sempurna - ciri-ciri pasar persaingan sempurna
- Kebaikan pasar persaingan sempurna - Keburukan pasar persaingan sempurna - Pengertian tentang pasar monopoli
- Pengertian tentang pasar oligopoly
- Ciri-ciri pasar barang monopolistic - Kebaikan pasar barang monopolistic - Keburukan pasar barang monopolistic |
|
PG PG
PG
PG PG PG
Essay |
C2 C3
C4
C3 C3 C3
C4 |
30 31
32
33 34 35
40
|
3.5. Mendeskripsikan pasar input
- Menjelaskan pengertian pasar input / pasar faktor produksi
- Menjelaskan pentingnya analisis pasar faktor produksi |
- Pengertian pasar input / pasar faktor produksi - Analisis pasar faktor produksi |
Mengetahui, Bekasi, Nopember 2008
Kepala SMA Insan Cendikia al muslim, Guru Bidang Studi,
Najemudin, S.Si. Siti Mugi Rahayu, S.Pd.