KISI-KISI SOAL ULANGAN HARIAN 1
SEKOLAH : SMA INSAN CENDEKIA AL MUSLIM BEKASI
KELAS / SEMESTER : X / I
MATA PELAJARAN : EKONOMI
JUMLAH SOAL / ALOKASI WAKTU : 40 butir : 35 PG dan 5 Essay / 2 JP
NO | KOMPETENSI DASAR / INDIKATOR | MATERI | INDIKATOR SOAL | BENTUK TES | KUALIFIKASI | NO. SOAL |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
1. | 1.1. Mengidentifikasi kebutuhan manusia
- Mendefinisikan pengertian kebutuhan manusia
- Mengidentifikasikan jenis-jenis kebutuhan manusia
- Mengidentifikasikan faktor- faktor yang mempengaruhi kebutuhan
- Menyebutkan beberapa kebutuhan manusia |
- Pengertian kebutuhan manusia
- Jenis-jenis kebutuhan manusia
- Faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan
- Kebutuhan |
dan hubungannya dengan kemakmuran
|
PG PG PG
PG PG PG PG PG PG PG PG PG
PG PG PG
PG PG
PG7 PG7 PG7 |
C2 C2 C2
C1 C1 C1 C2 C2 C2 C2 C2 C2
C2 C2 C2
C4 C3
C3 C3 C3
|
1 Model A 1 Model B 1 Model C
2 Model A 2 Model B 2 Model C 3 Model A 3 Model B 3 Model C 4 Model A 4 Model B 4 Model C
5 Model A 5 Model B 5 Model C
6 7
8 8 8 |
1.2. | 1.2. Mendeskripsikan berbagai
langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
- kelangkaan
- yang melanda Indonesia
- terjadinya kelangkaan di Indonesia - mengatasi kelangkaan . |
- Pengertian kelangkaan
- Jenis kelangkaan
- Penyebab terjadinya kelang- kaan di Indonesia - Langkah-langkah mengatasi kelang- kaan |
- Siswa menganalisis hubungan kebutuhan dengan kelangkaan
- Siswa menentukan contoh barang langka - Siswa menentukan contoh barang bebas
- Siswa menentukan penyebab terjadinya kelangkaan di Indonesia
- Siswa menentukan langkah-langkah mengatasi kelangkaan - Siswa menentukan langkah-langkah mengatasi kelangkaan |
PG8 PG9 Essay
PG PG
PG PG
Essay
PG
PG PG |
C4 C3 C4
C3 C3
C4 C4
C4
C3
C3 C3 |
9 10 1
11 12
13 14
2
15
16 17 |
1.3 Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi
- Mendeskripsikan masalah pokok ekonomi tentang apa, bagaimana, dan untuk siapa barang diproduksi |
- masalah pokok ekonomi |
- Siswa menganalisis cara mengatasi permasalahan ekonomi - Siswa menentukan masalah dasar ekonomi |
PG PG
Essay
PG |
C4 C3
C4
C4 |
18 19
3
20 | |
kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain
|
- Pengertian biaya peluang
- Pengertian biaya sehari- hari
|
- Siswa menentukan pengertian biaya peluang - Siswa menentukan faktor yang menimbulkan biaya peluang - Siswa membedakan pengertian biaya sehari-hari dengan biaya peluang
|
PG PG
PG PG |
C4 C4
C4 C3 |
21 22
23 24 | |
|
- Ciri-ciri, kebaikan, dan keburukan sistem ekonomi pasar
- Ciri-ciri, kebaikan, dan keburukan sistem ekonomi komando
- Ciri-ciri, kebaikan, dan keburukan sistem ekonomi campuran. |
- Siswa menentukan ciri-ciri sistem ekonomi tradisional
- Siswa menentukan kebaikan sistem ekonomi tradisional - Siswa membedakan keburukan sistem ekonomi pasar dan terpusatl - Siswa menbedakan ciri-ciri sistem ekonomi pasar dan terpusat - Siswa menentukan sistem ekonomi pasar - Siswa menjelaskan keburukan sistem ekonomi pasar - Siswa menentukan kebaikan sistem ekonomi terpusat - SIswa membedakan kelemahan sistem ekonomi pasar dan terpusat - Siswa menentukan ciri-ciri sistem ekonomi komando - Siswa menentukan ciri-ciri sistem ekonomi campuran. |
PG PG
Essay
PG
PG PG PG Essay
PG
PG
PG
PG PG |
C4 C3
C4
C4
C4 C4 C4 C4
C4
C4
C3
C4 C4 |
25 26
3
27
28 29 30 4
31
32
33
34 35 |
Bekasi, Juni 2008
Kepala SMA al muslim, Guru Bidang Studi,
Najemudin, S.Si. Siti Mugi Rahayu, S.Pd.
KISI-KISI SOAL ULANGAN HARIAN 2
SEKOLAH : SMA INSAN CENDEKIA AL MUSLIM BEKASI
KELAS / SEMESTER : X / I
MATA PELAJARAN : EKONOMI
JUMLAH SOAL / ALOKASI WAKTU :
NO | KOMPETENSI DASAR / INDIKATOR | MATERI | INDIKATOR SOAL | BENTUK TES | KUALIFIKASI | NO. SOAL |
|
|
- Siswa menentukan para pelaku ekonomi
- Siswa menentukan pengertian konsumsi - Siswa menentukan pengertian produksi
- Siswa menentukan Hukum Gossen I - Siswa menentukan Hukum Gossen II - Siswa disajikan data tabel The Law Of Diminishing Return, kemudian siswa menentukan pengertian The Law of Diminishing Return. |
PG
PG |
C2 C2 C1 |
1 2 2 | |
-
-
- |
- Interaksi antarpelaku ekonomi dalam model kegiatan ekonomi sederhana (dua sektor) - Interaksi antarpelaku ekonomi dalam model dengan campur tangan pemerintah (tiga sektor) - Interaksi antarpelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi pada kegiatan ekonomi terbuka (empat sektor) |
- Siswa menentukan interaksi antarpelaku ekonomi dalam model kegiatan ekonomi sederhana (dua sektor)
- Siswa menentukan interaksi antarpelaku ekonomi dalam model kegiatan ekonomi sederhana (tiga sektor)
- Siswa menentukan interaksi antarpelaku ekonomi dalam model kegiatan ekonomi sederhana (empat sektor) | ||||
- Mendeskripsikan peranan rumah tangga konsumsi - Mendeskripsikan peranan rumah tangga produksi - Mendeskripsikan peranan rumah tangga pemerintah - Mendeskripsikan peranan rumah tangga masyarakat luar negeri |
- Peranan rumah tangga konsumsi - Peranan rumah tangga produksi - Peranan rumah tangga pemerintah - Peranan rumah tangga masyarakat luar negeri |
- Siswa menentukan peranan rumah tangga konsumsi - Siswa menentukan peranan rumah tangga produksi - Siswa menentukan peranan rumah tangga pemerintah - Siswa menentukan peranan rumah tangga masyarakat luar negeri.
|
PG | |||
3.1. Mengidentifikasi faktor- faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran
|
- kurva permintaan - kurva penawaran
|
- Siswa menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran.
- Siswa membuat kurva permintaan
- Siswa membaca kurva permintaan - Siswa membuat gambar kurva penawaran
- Siswa menentukan harga dasar dan harga eceran tertinggi. | ||||
KISI – KISI ULANGAN HARIAN 3
KELAS X SMA INSAN CENDEKIA AL MUSLIM
NO | KOMPETENSI DASAR / INDIKATOR | MATERI | INDIKATOR SOAL | BENTUK TES | KUALIFIKASI | NO. SOAL |
|
- fungsi permintaan dan menggambar kurvanya
|
- Siswa menentukan hukum permintaan
- Siswa menentukan pengertian hukum penawaran
- Siswa menentukan fungsi permintaan
- Disajikan kurva, siswa menentukan jumlah permintaan
- Siswa menentukan fungsi penawaran - Siswa menggambar kurva dari fungsi penawaran |
PG
PG PG PG PG |
C2
C6 C5 C5 C5 |
1
2 3 4 5 | |
|
- Pengertian keseimbangan pasar - kurva keseimbangan
|
- Siswa menentukan pengertian keseimbangan pasar
- Siswa menentukan titik keseimbangan - Disajikan data, siswa membedakan grafik keseimbangan
- Siswa menentukan pengertian elastisitas permintaan - Siswa menentukan pengertian elastisitas penawaran - SIswa membedakan jenis elastisitas - Siswa membedakan elastisitas permintaan dan penawaran - Siswa menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi elastisitas permintaan - Siswa menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi elastisitas penawaran
- Siswa menentukan macam-macam kurva elastisitas permintaan - Siswa menentukan macam-macam kurva elastisitas penawaran
- Menghitung koefisien elastisitas penawaran
|
PG PG
PG
PG
PG PG
PG PG
|
C4 C5
C4
C4
C5 C5
C5 C5 |
6 7
8
9
10 11
12 13 | |
KISI – KISI ULANGAN HARIAN 4
KELAS X SMA INSAN CENDEKIA AL MUSLIM
NO | KOMPETENSI DASAR / INDIKATOR | MATERI | INDIKATOR SOAL | BENTUK TES | KUALIFIKASI | NO. SOAL |
bentuk pasar barang
- Mendeskripsikan pengertian pasar barang - Menyebutkan bentuk-bentuk pasar barang - Menjelaskan pengertian tentang pasar persaingan sempurna
|
- Pengertian pasar barang - Bentuk-bentuk pasar barang - Pengertian tentang pasar persaingan sempurna - ciri-ciri pasar persaingan sempurna
- Kebaikan pasar persaingan sempurna - Keburukan pasar persaingan sempurna - Pengertian tentang pasar monopoli
- Pengertian tentang pasar oligopoly
- Ciri-ciri pasar barang monopolistic - Kebaikan pasar barang monopolistic - Keburukan pasar barang monopolistic |
|
PG PG
PG
PG PG PG |
C2 C3
C4
C3 C4 C3 |
1 2
3
4 5 6
| |
3.5. Mendeskripsikan pasar input
- Menjelaskan pengertian pasar input / pasar faktor produksi
- Menjelaskan pentingnya analisis pasar faktor produksi |
- Pengertian pasar input / pasar faktor produksi - Analisis pasar faktor produksi |
KISI-KISI ULANGAN AKHIR SEMESTER GANJIL
KELAS X SMA INSAN CENDIKIA AL MUSLIM
TP 2008 – 2009
NO | KOMPETENSI DASAR / INDIKATOR | MATERI | INDIKATOR SOAL | BENTUK TES | KUALIFIKASI | NO. SOAL |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
1.1 | 1.1. Mengidentifikasi kebutuhan manusia
- Mendefinisikan pengertian kebutuhan manusia
- Mengidentifikasikan jenis-jenis kebutuhan manusia
- Mengidentifikasikan faktor- faktor yang mempengaruhi kebutuhan
- Menyebutkan beberapa kebutuhan manusia |
- Pengertian kebutuhan manusia
- Jenis-jenis kebutuhan manusia
- Faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan
- Kebutuhan |
-Siswa menentukan perbedaan dari pengertian nilai tukar dan nilai pakai
|
PG PG
PG |
C3 C3
C2 |
1 2
3 |
1.2. | 1.2. Mendeskripsikan berbagai
langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas - kelangkaan
- yang melanda Indonesia
- terjadinya kelangkaan di Indonesia - mengatasi kelangkaan . |
- Pengertian kelangkaan
- Jenis kelangkaan
- Penyebab terjadinya kelang- kaan di Indonesia - Langkah-langkah mengatasi kelang- kaan |
- Siswa menentukan langkah-langkah mengatasi kelangkaan |
Essay |
C6 |
36
|
1.3 | 1.3 Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi
- Mendeskripsikan masalah pokok ekonomi tentang apa, bagaimana, dan untuk siapa barang diproduksi |
- masalah pokok ekonomi |
| |||
1.6 |
kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain
|
- Pengertian biaya peluang
- Pengertian biaya sehari- hari
|
| |||
1.7 |
|
- Ciri-ciri, kebaikan, dan keburukan sistem ekonomi pasar
- Ciri-ciri, kebaikan, dan keburukan sistem ekonomi komando
- Ciri-ciri, kebaikan, dan keburukan sistem ekonomi campuran. |
- Siswa menentukan kelebihan sistem ekonomi pasar
|
PG
PG
PG |
C3
C3
C4 |
4
5
6 |
2.4 |
|
|
- Siswa menentukan pengertian konsumsi - Siswa menentukan macam bidang usaha produsen - Siswa menentukan contoh kegiatan konsumsi
- Siswa menentukan contoh ekstensifikasi - Siswa menentukan Hukum Gossen I - Siswa disajikan data tabel The Law Of Diminishing Return, kemudian siswa menentukan pengertian The Law of Diminishing Return. |
PG PG
PG
PG PG PG |
C2 C3
C3
C3 C3 C5 |
7 8
9
10 11 12 |
2.5 |
-
-
- |
- Interaksi antarpelaku ekonomi dalam model kegiatan ekonomi sederhana (dua sektor) - Interaksi antarpelaku ekonomi dalam model dengan campur tangan pemerintah (tiga sektor) - Interaksi antarpelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi pada kegiatan ekonomi terbuka (empat sektor) |
- Siswa menentukan interaksi antarpelaku ekonomi dalam model kegiatan ekonomi sederhana (dua sektor)
|
PG
Essay
|
C3
C6 |
13
37 |
2.6 |
- Mendeskripsikan peranan rumah tangga konsumsi - Mendeskripsikan peranan rumah tangga produksi - Mendeskripsikan peranan rumah tangga pemerintah - Mendeskripsikan peranan rumah tangga masyarakat luar negeri |
- Peranan rumah tangga konsumsi - Peranan rumah tangga produksi - Peranan rumah tangga pemerintah - Peranan rumah tangga masyarakat luar negeri |
- Siswa menentukan peranan rumah tangga konsumsi - Siswa menentukan factor-faktor ekstern yang mempengaruhi RTK |
PG
PG |
C4
C4 |
14
15 |
3.1 | 3.1. Mengidentifikasi faktor- faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran
|
- kurva permintaan
- kurva penawaran
|
- Siswa menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran. |
Essay
PG PG
PG PG |
C4
C3 C3
C3 C5
|
38
16 17
18 19
|
3.5 |
|
- fungsi permintaan dan menggambar kurvanya
|
- Siswa menentukan pengertian hukum permintaan
- Siswa menentukan fungsi permintaan
|
PG
PG PG PG |
C2
C5 C5 C5 |
20
21 22 23 |
3.6 |
|
- Pengertian keseimbangan pasar - kurva keseimbangan
|
- Siswa menentukan pengertian keseimbangan pasar
- Siswa menentukan titik keseimbangan - Disajikan data, siswa membedakan grafik keseimbangan
- Siswa menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi elastisitas permintaan - Siswa menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi elastisitas penawaran
- Siswa menentukan macam-macam kurva elastisitas permintaan - Siswa menentukan macam-macam kurva elastisitas penawaran |
Essay
PG P
PG
PG PG |
C3
C4 C5
C4
C5 C5 C5 |
39
24 25
26
27 28 29 |
3.7 |
bentuk pasar barang
- Mendeskripsikan pengertian pasar barang - Menyebutkan bentuk-bentuk pasar barang - Menjelaskan pengertian tentang pasar persaingan sempurna
|
- Pengertian pasar barang - Bentuk-bentuk pasar barang - Pengertian tentang pasar persaingan sempurna - ciri-ciri pasar persaingan sempurna
- Kebaikan pasar persaingan sempurna - Keburukan pasar persaingan sempurna - Pengertian tentang pasar monopoli
- Pengertian tentang pasar oligopoly
- Ciri-ciri pasar barang monopolistic - Kebaikan pasar barang monopolistic - Keburukan pasar barang monopolistic |
|
PG PG
PG
PG PG PG
Essay |
C2 C3
C4
C3 C3 C3
C4 |
30 31
32
33 34 35
40
|
3.5. Mendeskripsikan pasar input
- Menjelaskan pengertian pasar input / pasar faktor produksi
- Menjelaskan pentingnya analisis pasar faktor produksi |
- Pengertian pasar input / pasar faktor produksi - Analisis pasar faktor produksi |
Mengetahui, Bekasi, Nopember 2008
Kepala SMA Insan Cendikia al muslim, Guru Bidang Studi,
Najemudin, S.Si. Siti Mugi Rahayu, S.Pd.
bisa narik
BalasHapuskalo bisa dikirim email saya mba,makasih ibu
BalasHapusIf you're trying to lose fat then you need to get on this brand new custom keto meal plan diet.
BalasHapusTo create this service, licenced nutritionists, fitness couches, and top chefs united to provide keto meal plans that are productive, suitable, economically-efficient, and enjoyable.
Since their first launch in early 2019, thousands of clients have already transformed their figure and well-being with the benefits a great keto meal plan diet can offer.
Speaking of benefits: in this link, you'll discover 8 scientifically-certified ones provided by the keto meal plan diet.